Menakertrans: Gunakan Perusahaan Outsourcing yang Berbadan Hukum

Sumber : Kompas.com
SURABAYA, SELASA – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno mengingatkan, agar perusahaan-perusahaan pengguna jasa outsourcing menunjuk perusahaan outsourcing yang sudah berbadan hukum.

“Hal itu diperlukan agar tindakan perusahaan menggunakan jasa outsourcing itu bisa dipertanggungjawabkan secara hukum,” sebut Erman di Surabaya, Selasa (23/9)

Namun Erman mengaku belum tahu secara persis berapa perusahaan outsourcing yang ada di Indonesia, baik yang sudah berbadan hukum maupun belum. Karena sekarang masih melakukan pendataan perusahaan outsourcing di seluruh Indonesia.

Untuk meningkatkan pengawasan, sebutnya, Departemen Tenaga Kerja mulai melakukan training SDM khusus untuk mengawasi perusahaan-perusahaan outsourcing. “Masa training berlangsung enam bulan, dan gelombang pertama training sudah dua bulan yang lalu,” ujar Erman.

Dikatakannya, sekitar 1.200 SDM yang menjalani training ini diharapkan terjun ke berbagai daerah di Indonesia semester I tahun 2009. Erman meminta agar SDM yang sudah menjalani training tersebut, tidak dipindah ke bagian lain. “Orang-orang yg sudah ditraining ini jangan dimutasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Erman juga menyatakan, tidak bisa sepenuhnya melarang outsourcing, karena ada bidang-bidang pekerjaan tertentu yang memerlukan tenaga dari luar perusahaan. “Biasanya, bidang yang dimaksud bukan merukan perkejaan pokok di perusahaan itu,” tambah Menakertrans.

Iklan

2 Balasan ke Menakertrans: Gunakan Perusahaan Outsourcing yang Berbadan Hukum

  1. cahya berlian berkata:

    dalam memilih vendor outsource IT maka hal utama yang harus diperhatikan adalah perusahaan penyedia jasa outsorce IT sudah berbadan hukum. untuk menjamin keamanannya.

  2. Gita berkata:

    Pilih perusahaan outsourcing yang jelas secara hukum, demi keamanan dan kenyamanan perusahaan dan karyawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: