Ditjen Pajak akan Periksa Sektor Real Estate & Konstruksi

JAKARTA–: Sektor jasa kontruksi dan real estate akan menjadi fokus pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak pada tahun ini. Pemeriksaan ini dilakukan karena adanya indikasi penggelapan pajak dari dua sektor usaha tersebut mengingat pembayaran pajak kedua sektor itu masih di bawah standar perhitungan Dirjen Pajak.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk optimalisasi penerimaan negara. Kita akan meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk fokus pada pemeriksaan dua sektor tersebut tahun ini,” kata Dirjen Pajak Darmin Nasution di Jakarta, Selasa (9/9). (Bersambung Ke halaman 3 Kol 5)

Menurutnya, pemeriksaan dua sektor ini diharapkan selesai akhir tahun atau awal tahun 2009. Sedangkan obyek pemeriksaan dilakukan untuk pembayaran pajak tiga tahun ke belakang, yakni 2005-2007. Namun, untuk perusahaan yang telah membayar pajak di atas benchmark, Ditjen Pajak tidak akan melakukan pemeriksaan.

Pasalnya, jumlah perusahaan konstruksi dan real estate yang tercatat mencapai ribuan perusahaan. Namun, untuk optimalisasi penerimaan pajak, Ditjen Pajak hanya akan fokus pada perusahaan besar. Karena tidak memungkinkan jika pemeriksaan juga dilakukan pada perusahaan menengah ke bawah.

Saat ini, Ditjen Pajak sudah memutuskan untuk menerapkan pajak penghasilan (PPh) secara final untuk dua sektor tersebut. PPh final untuk real estate sebesar 5%, sedangkan PPh final untuk rumah sederhana sebesar 1%. Dengan adanya penetapan itu, benchmark pembayaran pajak dua sektor tersebut menjadi lebih mudah.

“Tetapi, besaran penerimaan pajak sektor ini tidak sebesar penerimaan sektor batubara dan kelapa sawit. Karena untuk sektor jasa konstruksi dan real estate, labanya hanya sebesar 9%-10% dari omset,” jelasnya.

Sumber : Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: