Data Gaji Personalia Menjadi Incaran Mata-Mata TI

Jakarta – KoranHr.com,Mayoritas administrator (admin) TI ternyata ‘rajin’ memata-matai perusahaan. Mereka bahkan berani mencuri data perusahaan tempat mereka dulu bekerja.

Hasil survei mencetuskan, dari 300 admin TI, sebanyak 88 persen diantaranya mengaku kalau mereka mencuri data rahasia perusahaan jika mereka dipecat atau tidak dibutuhkan lagi.

Target informasi yang dicuri, seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Jumat (29/8/2008), antara lain password para bos (CEO), database pelanggan, rencana riset dan pengembangan (R&D), laporan keuangan, dan daftar password privilege perusahaan.

“Banyak direktur perusahaan tidak sadar bahwa dengan data administratif atau password privilege itu, admin TI bisa mengakses dan melihat segala sesuatu yang ada di dalam perusahaan. Identitas privilege ini bahkan jarang diganti,” kata Udi Mokady, chief executive perusahaan keamanan Cyber-Ark.

Mokady menyarankan agar perusahaan mengamankan data yang paling privilege dan secara rutin menggantinya, sehingga jika kontrak karyawan selesai (entah karena dipecat atau tak diperpanjang lagi), karyawan yang bersangkutan tidak bisa masuk ke jaringan perusahaan ataupun mencuri data.

Lebih dari sepertiga admin TI juga mengaku kalau mereka mengguna password privilege untuk memata-matai perusahaan, mencari tahu tentang gaji, detil personalia, informasi penting perusahaan serta memata-matai aktivitas berinternet karyawan yang lain.

Parahnya lagi, sekitar 35 persen admin TI mengirim informasi penting via e-mail yang tidak dienkripsi dan 4 persen mengirimkan informasi penting itu lewat pos.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: