PT Adaro Indonesia Bantu Program Pemerintah

Jakarta-KoranHR.com,

Courtesy to :Kompas.com
Seiring dengan makin tingginya angka kemiskinan di Indonesia menurut Tim Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Tim P2E-LIPI) memperkirakan warga miskin tahun ini akan bertambah menjadi 41,7 juta orang (21,92 persen), angka tersebut mengalami kenaikkan 4,5 juta dibanding tahun 2007.
Tingginya angka tersebut mendorong Pemerintah pada tahun 2007 merumuskan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) yaitu sebuah program yang memberdayakan masyarakat secara optimal dalam mengatasi problem kemiskinan. Jadi pada intinya adalah menciptakan masyarakat yang mandiri agar mereka dapat bebas dari belenggu kemiskinan.

Adapun prinsip-prinsip dasar dari program PNPM ini antara lain adalah:

Bertumpu pada pembangunan manusia. Pelaksanaan PNPM bertumpu pada peningkatan harkat dan martabat manusia.

Otonomi. Masyarakat mempunyai kewenangan secara mandiri untuk berpartisipasi dalam menentukan dan mengelola.
Desentralisasi. Kewenangan pengelolaan kegiatan pembangunan sektoral dan kewilayahan dilimpahkan kepada pemerintah daerah atau masyarakat akan tetapi akan disesuaikan dengan kapasitasnya.
Berorientasi pada masyarakat miskin. Semua kegiatan yang dilaksanakan mengutamakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat miskin dan kelompok masyarakat yang kurang beruntung.
Partisipasi. Masyarakat terlibat secara aktif dalam setiap proses pengambilan keputusan pembangunan dan secara gotong royong menjalankan pembangunan.
Prioritas. Pemerintah dan masyarakat harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan untuk pengentasan kemiskinan dengan mendayagunakan secara optimal berbagai sumberdaya yang terbatas.
Kolaborasi. Semua pihak yang berkepentingan dalam penanggulangan kemiskinan didorong untuk mewujudkan kerjasama dan sinergi antar pemangku kepentingan dalam penanggulangan kemiskinan.

PT Adaro Indonesia Bantu Program Pemerintah

Dari beberapa prinsip dasar tersebut terlihat jelas bahwa sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai warga negara untuk membantu program pemerintah, seperti halnya apa yang dilakukan oleh pihak PT Adaro Indonesia. Pada Juni 2008 lalu masih dalam program Community Development (CD) PT Adaro Indonesia memberikan pelatihan kepada 30 pemuda di dua Kabupaten yaitu Balangan dan Tabalong di Aula Balai Latihan Kerja.

Pelatihan yang telah dua kali diadakan ini berpotensi menyediakan lapangan kerja, apabila satu bengkel yang dikelola oleh peserta pelatihan mampu mempekerjakan 2 orang saja maka sedikitnya ada 60 orang yang terserap. Dipilihnya pelatihan mekanik motor karena prospek bidang usaha ini akan terus berlanjut dan tidak ada matinya dan jumlah kendaraan roda dua setiap tahun pasti terus bertambah pertumbuhannya.

Selain itu setiap peserta pelatihan selalu diingatkan untuk selalu menjaga lingkungan dari pencemaran limbah B3 seperti oli dan bekas gemuk. Limbah tersebut harus dikelola dengan sebaik mungkin janghan dibuang di sembarang tempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: