PP Tambang Bermasalah,SBY dan Purnomo Bertanggung Jawab

Jakarta-KoranHR.com,

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro, diminta untuk mempertanggungjawabkan kepada publik mengenai kebijakan mereka untuk mengeluarkan dan mempertahankan Peraturan Pemerintah (PP) No. 144 tahun 2000 tentang pertambangan.

Hal ini diungkapkan Ketua Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), Siti Maimunah, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (12/8). PP yang dikeluarkan oleh Presiden Yudhoyono saat menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada masa kepemimpinan Gus Dur ini dinilai sangat merugikan negara dalam sektor pertambangan.

PP ini secara khusus memasukkan barang hasil pertambangan atau pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai, yang meliputi minyak mentah (crude oil), gas bumi, panas bumi, pasir dan kerikil, batu bara, bijih besi, bijih timah, bijih emas, bijih tembaga, bijih nikel, bijih perak serta bijih bauksit.

“PP ini jelas menguntungkan pebisnis dan negara tujuan ekspor karena pembelian bahan-bahan tambang yan tidak terbarukan ini menjad bebas pajak, apalagi Indonesia mengekspor sebagian besar dalam bentuk bahan mentah,” ujar Maimunah.

Ia mengeluhkan terus dipeliharanya PP ini hingga saat ini sehingga seringkali dipakai sebagai tameng oleh pelaku pertambangan dalm berbagai masalah, khususnya dalam menunda pembayaran royalti.

“Ia (Purnomo) dan para pejabat Departemen ESDM malah menyurati Menkeu agar mebayar PPN perusahaan batu barayang dimaksud,” tandas Maimunah.

Oleh karena itu, Jatam mendesak Presiden untuk memberikan penjelasan kepada publik mengenai alasan mengeluarkan PP dan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangkap indikasi permainan keduanya yang merugikan negara, meski Maimunah megaku belum melakukan perhitungan kerugian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: