Sidak Menakertrans Tentang Pengalihan Waktu Kerja

Jakarta-KoranHR.com,Menakertrans mengadakan inspeksi mendadak ke dua perusahaan yang berada di wilayah DKI Jakarta, yaitu PT. Panasonic Manufacturing Indonesia yang terletak di Jl. Raya Bogor Km. 29, Gandaria Jakarta dan PT. Fokus Garmindo di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung pada Rabu (6/8).Kegiatan sidak ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan SKB 5 Menteri dan Surat Edaran Menakertrans nomor: SE.304/MEN/PHI-KPHI/VII/2008 tentang Pengoptimalan Beban Listrik melalui Pengalihan aktu kerja pada sektor industri di Jawa dan Bali.

Seperti yang diberitakan oleh Pusat Humas Depnakertrans Dalam kunjungan tersebut Menakertrans menemukan fakta bahwa tidak ada masalah dalam pelaksanaan SKB 5 Menteri dan Surat Edaran Menakertrans tersebut. Sebagai contoh, di PT. Panasonic Manufacturing Indonesia telah diberlakukan pengalihan hari kerja yang sebelumnya menerapkan hari kerja Senin sampai dengan Jumat, dalam bulan Agustus ini telah dialihkan 2 hari kerja Sabtu & Minggu. Pengalihan hari kerja ini merupakan kesepakatan antara Manajemen dan Serikat Pekerja. Hal serupa terjadi juga di PT. Fokus Garmindo.

Pemerintah meminta agar perusahaan-perusahaan yang terkena dampak penerapan Surat Keputusan Bersama (SKB) lima menteri tentang pengoptimalan beban listrik melalui pengalihan waktu kerja pada sektor industri di Jawa-Bali membuat evaluasi implementasi SKB yang mencakup berbagai aspek, termasuk dampaknya bagi para pekerja.

Evaluasi tersebut penting dilakukan guna menjamin pelaksanaan dan penerapan di lapangan agar berjalan sesuai dengan koridor yang disepakati, dan dalam jangka panjang dapat menjadi feedback (umpan balik) bagi pengaturan energi listrik yang lebih positif. Di lain pihak, evaluasi tersebut diperlukan guna menjamin agar penerapan SKB ini tidak merugikan kedua belah pihak baik pengusaha dan para pekerjanya, sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko hubungan industrial.

Laporan hasil evaluasi dari masing-masing perusahaan itu untuk selanjutnya akan diterima oleh dinas-dinas tenaga kerja setempat yang kemudian akan dirangkum untuk diteruskan ke Tim Penghematan Energi. Laporan evaluasi itu selanjutnya akan dilaporkan ke menteri-menteri terkait untuk ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: