Buruh Mengadu ke DPRD Sidoarjo, Permasalahkan Ketentuan Outsourcing

Sumber : ANTARA News
Puluhan buruh mengadu ke Kantor DPRD Sidoarjo, Jumat, meminta agar ikut membantu memperjuangkan nasib mereka yang dikebiri perusahaan. *

Buruh yang “ngluruk” kantor dewan itu masing-masing dari PT Wahana Lentera Raya di Jalan Flamboyan, Porong dan PT Jasa Karya Mulia, perusahaan outsourcing yang mempekerjakan buruh di PT Wahana Lentera Raya, di Perumahan Delta Sari Indah, Waru.

Aksi demo berlangsung damai. Jumlah buruh yang sedikit membuat aparat kepolisian dari Polsekta dan Polres Sidoarjo tidak terlalu sibuk melakukan pengamanan.

Buruh juga diperkenankan masuk ke areal kantor dewan. Menjelang siang, perwakilan buruh diterima Ketua DPRD Sidoarjo, Arly Fauzi untuk menyampaikan aspirasinya.

Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Pariwisata (FSPPAR) SPSI Sidoarjo, Moch. Ali Hasan, SPd, SH usai pertemuan mengatakan, buruh yang didampingi federasinya mengadu ke dewan mengusung tuntutan yang berbeda.

Buruh PT Wahana Lentera Raya meminta perusahaan segera mengangkat buruh menjadi karyawan tetap. Mereka sudah bekerja dengan status Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), namun tidak kunjung dinaikkan statusnya menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau pekerja tetap.

Perusahaan ini, menurut Hasan, melanggar UU No.13/2003, karena pekerja dikontrak terus menerus, ditempatkan di bagian produksi utama dan di-PHK sepihak bagi pekerja yang mempermasalahkan status.

“Buruh perusahaan ini juga mempermasalahkan Jamsostek dan bayaran saat masuk kerja sebesar Rp10 ribu. Tuntutan-tuntutan inilah yang dibawa teman-teman ke kantor dewan,” kata Hasan.

Sedangkan, pekerja PT Jasa Karya Mulia, perusahaan outsourcing di PT Wahana Lentera Raya, menurut Hasan, mempermasalahkan kebijakan “aneh” di perusahaannya.

Kebijakan itu antara lain pekerja sebelum bekerja diwajibkan membayar Rp450 ribu, pekerja yang belum habis masa kontraknya dikeluarkan tanpa alasan yang jelas dan pekerja bertanda-tangan kontrak dengan kertas kosong.

Hasil pertemuan perwakilan buruh dengan dewan, lanjut dia, DPRD menyesalkan banyaknya pelanggaran perusahaan outsourcing dan berjanji akan menertibkan pelanggaran-pelanggaran itu lewat pemerintah kabupaten dalam hal ini Disnaker.

“Perwakilan Disnaker Sidoarjo yang ikut dalam pertemuan itu yakni Rusli Pardede (bagian pengawasan) dan Joni Astono (bagian mediasi) mengatakan sudah memproses laporan buruh,” katanya.

Dalam pertemuan itu juga terungkap masalah ini akan disidang di Kantor Disnaker, 17 Juni nanti.

Hasan berharap dua perusahaan itu tidak mempersulit buruh, tapi mau berdamai untuk mengabulkan semua tuntutan buruh. Pasalnya, tuntutan buruh sudah diatur undang-undang.(*)

*Foto Hanya Ilustrasi

Iklan

3 Balasan ke Buruh Mengadu ke DPRD Sidoarjo, Permasalahkan Ketentuan Outsourcing

  1. Andar berkata:

    Saya salah satu buruh yang bekerja pada salah satu parbik mitra PT. Jasa Karya Mulia, saya sangat sesalkan tindakan perusahaan yang semena-mena memperlakukan buruh. saya saja baru bekerja 7 hari di PT. Sumber Indah Sejahtera hari ini Senin tgl 29 Maret 2010 sudah dipulangkan dengan alasan tidak tercapai target, padahal saya tidak masuk kerja 2 hari itu benar-benar dengan alasan sakit. Dalam kesempatan ini mohon agar pihak departemen tenaga kerja Provinsi Jatim dan DPRD Sidoarjo dapat memperhatikan dan menindak setiap perusahaan yang memperlakukan buruhnya secara tidak adil.

  2. Raymond berkata:

    Mohon juga agar perusahaan outsourcing seperti PT. JASA KARYA MULIA dapat ditindak, karena tidak dapat memberikan jaminan kerja yang leluasa kepada buruh yang mereka tempatkan pada pabrik-pabrik sebagai mitranya.

  3. anam berkata:

    kepeda PT JASA KARYA MULIA saya berharap nasip kami y telah d berhentikan semena2 oleh pt jasa karya mulia.
    dg alasan yg kurang masuk akal,pada hal sbsensi saya bagus,krja memenuhi target,mohon d tindak lanjuti trimakasih atas respon nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: