Penampilan untuk Wawancara Kerja

Anda telah mengirimkan resume dan kemudian Anda mendapatkan panggilan untuk wawancara. Anda telah memikirkan jawaban segala kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan. Akhirnya tiba hari H, dan Anda harus membuat keputusan penting. Apa yang harus saya kenakan?

Bukan lagi suatu rahasia, jika penampilan adalah segalanya untuk memberikan kesan pertama. Kesan pertama terbentuk dari 27 detik pertama. Jika Anda terlalu resmi dalam penampilan, Anda mungkin telah memberikan kesan kaku dan keras. Jika Anda terlalu santai, mungkin akan menunjukkan Anda tidak terlalu menganggap serius wawancara ini.

Bila memungkinkan carilah informasi dari karyawan di perusahaan tersebut, tanyakan bagaimana tradisi berpakaian dan peraturan dari managemen. Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi ini, sebaiknya Anda pilih pakaian yang profesional.

Jika Anda belum memiliki pakaian untuk wawancara, Anda bisa mendapatkan saran-saran dari pramuniaga di toko-toko pakaian. Siapkan juga kalau memang diperlukan untuk memesan pakaian khusus. Sebaiknya pakaian yang Anda kenakan berukuran pas dan menunjukkan suatu keistimewaan.

Berikut ini beberapa tips penting:

Berpenampilan bersih dan rapi. Pastikan rambut Anda tertata rapi.
Hindari menggunakan parfum atau wewangian yang sering kali membuat orang lain alergi. Gunakanlah sabun mandi berkualitas untuk memberikan aroma yang lembut.
Sembunyikan tato dan hindari penggunaan perhiasan yang terlalu berlebihan. Jangan mengenakan perhiasan di hidung atau lidah.

PRIA

  • Gunakan jaket atau jas yang warnanya senada dengan warna celana.
  • Gunakan warna-warna natural seperti hitam, biru tua, atau abu-abu.
  • Kenakan dasi, walaupun Anda belum tentu menggunakannya di pekerjaan nanti.
  • Sepatu sebaiknya dari bahan kulit, bersih, dan hitam adalah pilihan terbaik.
  • Pastikan kuku jari-jari Anda dipotong pendek dan bersih.

WANITA

  • Gunakan pakaian yang klasik atau sederhana dengan blazer. Ini bukan saatnya untuk berpakaian mencolok atau seksi. Beberapa warna pilihan seperti: biru tua, hitam, hijau tua, merah tua, ungu tua, atau abu-abu.
  • Berpenampilanlah yang lebih tinggi dari posisi yang Anda inginkan tapi jangan sampai berbeda sekali dengan tradisi berpakaian di kantor tersebut.
  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terlalu terbuka, atau terlalu trendy. Mungkin saja Anda menggunakan mode yang terbaru tapi itu tidak akan mengesankan pewawancara.
  • Pastikan kuku jari-jari Anda terpotong dengan rapi dan bersoh, jangan terlalu panjang. Jka Anda mengenakan cat kuku , gunakan warna yang jangan terlalu mencolok.

Meskipun Anda telah mendapatkan pekerjaan tersebut, Anda harus tetap menjaga penampilan.
Sebaiknya Anda secara rutin menambahkan sesuatu yang berkualitas tinggi, seperti baju berserat bagus yang awet. Anda dapat membeli pakaian secara terpisah sehingga dapat dicocokkan dengan pakaian yang telah Anda miliki. Setiap bagian yang Anda beli sebaiknya dapat menambah variasi penampilan Anda. Anda mungkin bertanya mengapa semua ini begitu penting? Walaupun Anda telah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, Anda tentu mempertimbangkan untuk peningkatan atau kenaikan jabatan bukan? Kesan yang Anda berikan setiap harinya akan mempengaruhi performa terutama pada saat atasan sedang mencari seseorang untuk dipromosikan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: