Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Wawancara Kerja

Sebagai joob seeker, tentu saja kita akan merasa gembira ketika mendapatkan undangan untuk mengikuti wawancara kerja di perusaahaan yang kita lamar. Terkadang karena terlalu bersemangat, kebanyakan dari kita lupa melakukan persiapan-persiapan yang sesungguhnya memiliki peran cukup penting dalam menunjang kesuksesan wawancara kerja yang akan kita ikuti. Umumnya, seseorang yang akan mengikuti wawancara kerja lebih mempersiapkan jawaban-jawaban yang akan digunakan dalam sesi wawancara tersebut. Atau justru lebih mementingkan pakaian apa yang akan dikenakan nanti. Dua hal tersebut memang penting, namun ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan.
Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda menghadapi wawancara kerja dalam satu perusahaan :
Lakukan penelitian terhadap perusahaan yang akan mewawancara Anda. Pengetahuan yang cukup mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar ini, akan membuat Anda dinilai serius dan memiliki minat yang kuat terhadap pekerjaan tersebut.
Dapatkan keterangan yang sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan yang sedang Anda lamar, sehingga pertanyaan yang sifatnya teknis atau berhubungan dengan pekerjaan, dapat Anda jawab dengan baik.
Lakukan latihan wawancara kerja dengan teman atau anggota keluarga Anda.
Siapkan busana yang paling sesuai dengan situasi standar pakaian kerja yang normal. Pilih yang nyaman dikenakan oleh Anda dan percaya dirilah dalam mengenakannya.
Satu atau dua hari sebelumnya, sempatkanlah mengunjungi lokasi dimana Anda akan diwawancara. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat memprediksikan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di lokasi, sehingga dapat datang tepat waktu. Disamping itu, Anda diharapkan lebih nyaman bila sudah cukup mengenal tempatnya.
Bila memungkinkan, usahakan mendapatkan jadwal wawancara sesuai dengan waktu yang paling nyaman untuk Anda. Namun bila memang sudah ditentukan oleh perusahaan yang mengundang Anda, usahakan untuk memenuhinya.
Pastikan kendaraan yang akan Anda gunakan (baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan umum) dalam keadaan yang dapat Anda kontrol. Hal ini untuk menghindari kemungkinan yang tak terduga yang dapat membuat Anda terlambat.
Lakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan penampilan Anda. Misalnya, memotong rambut, mencukur jenggot atau kumis bagi laki-laki, dan menggunting kuku.
Sarapan atau makan secukupnya. Jangan membiarkan perut Anda kosong saat menghadapi wawancara kerja. Jangan pula terlalu kenyang karena akan membuat Anda mengantuk.
Bila Anda tergolong orang yang mudah gugup atau cemas, coba meminum minuman hangat yang mengandung kafein atau herbal. Hal ini dapat memberikan Anda ‘kekuatan’ yang lebih.
Pada hari H, saat Anda menunggu giliran untuk wawancara, cobalah beberapa latihan relaksasi. Tarik nafas panjang dan coba duduk dengan rileks.
Bila telapak tangan Anda basah, pastikan telapak tangan Anda tersebut sudah kering saat Anda berjabat tangan dengan pewawancara Anda.
Semoga dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, Anda akan lebih percaya diri dan siap menghadapi wawancara kerja. Dengan persiapan matang, Anda akan lebih optimal menampilkan sisi positif diri Anda. Good luck!.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: