Tolak Outsourcing, Bakar Boneka Manusia Babi

Surabaya,01 Mei 2008
Sumber : suarasurabaya.net

Didahului dengan longmarch dari kawasan Jl. Pandegiling, elemen masyarakat memperingati hari buruh sedunia, Kamis (01/05) membakar boneka manusia babi sebagai bentuk penolakan terhadap sistem kerja kontrak dan outsourcing. Apa yang menamakan diri sebagai Serikat Buruh Regional (SBR) Surabaya, Kamis (01/05) menggelar aksi mirip karnaval. Diikuti sekitar 20 orang, sebagian besar perempuan. Mereka tampil layaknya Ibu-ibu petani di desa lengkap dengan capingnya. Bergerak dan berkumpul di Jl. Pandegiling, massa aksi mendapat pengawalan ketat dari puluhan petugas Polisi Lalu-lintas maupun anggota Samapta.
Massa aksi bergerak menuju kawasan depan Grahadi Surabaya untuk melanjutkan aksinya. “Ini karnaval keprihatinan sekaligus penolakan kami terhadap sistem kerja kontrak dan bentuk outsourcing. Kami menolak itu,” tutur YUDI satu diantara koordinator lapangan aksi yang digelar di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Selain penampilan perempuan dengan dandanan Ibu-ibu petani, peserta lainnya ada yang mengusung boneka manusia berwajah dan kepala mirip babi. Sebuah bentuk alegori yang ditampilkan kaum muda yang tergabung dalam SBR Surabaya. Sempoyongan dua orang yang mengusung boneka manusia babi yang merupakan cerminan pengusaha yang serakah tanpa memperdulikan nasib pekerjanya. Lalu dalam sebuah pergolakan, sang manusia babi, jatuh dan turun dari tahtah.
Pekerja langsung membakar boneka manusia babi itu. “Kami tetap menolak outsourching dan sistem kerja kontrak. Kalau pengusaha memaksa, maka nasibnya akan seperti boneka manusia babi itu. Jatuh, diinjak-injak dan dibakar para pekerjanya sendiri,” tutur YUDI pada suarasurabaya.net. Dan aksi dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia oleh SBR Surabaya berakhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: