Penerapan UMP Baru & PKWT ?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Question :
Saya salah satu karyawan outsourch security: saya ingin minta penjelasan,

1. Bila pemerintah sudah menetapkan UMP yang baru apakah karyawan outsourch secara otomatis akan menyesuaikan UMP tersebut walau PKWTnya belum habis
2. yang kedua apakah karyawan outsource yang ditugaskan untuk project outsource setelah masa kontrak project tersebut habis atau sebelum habis tetapi karyawan tersebut dipindahkan untuk project lain mendapatkan hak-haknya sesuai dengan PP UU No. 13 Ketenagakerjaan?,
3. dan yang terakhir bagaimana hak yang diterima bila karyawan diminta mengikuti peraturan pemutihan atau melakukan pelamaran ulang, apakah mendapat hak-hak sesuai UU No. 13 Ketenagakerjaan pula, terima kasih atas penjelasannya.

Answer :
Pada umumnya karyawan selalu dihadapkan pada kontrak kerja, apa yang diatur didalamnya adalah apa yang semestinya berlaku selama jangka waktu kontrak tersebut. Salah satu persyaratan sahnya perjanjian (dalam hal ini kontrak kerja) adalah terpenuhinya unsur Freedom of Contract (kebebasan berkontrak) yang menyebutkan setiap orang dapat membuat perjanjian sesuai maksud dan keinginannya, asalkan tidak bertentangan dengan kepatutan, kebiasaan dan Undang – undang.
UMP dikeluarkan oleh Gubernur setempat melalui Peraturan Gubernur provinsi, dan didasarkan pada Undang – undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenaga kerjaan pasal 89 ayat 3. Saya ambil contoh untuk wilayah Jakarta apabila perjanjian kontrak kerja waktu tertentu (PKWT) untuk jangka waktu 1 tahun maka gaji yang diperoleh harus sesuai dengan apa yang disepakati dan dicantumkan didalamnya tetapi masih tetap tunduk pada setiap perubahan yang terjadi dari UU. Tahun 2008 Gubernur DKI mengeluarkan peraturan Gubernur DKI No. 143 Tahun 2007 tentang Upah Minimum Provinsi tahun 2008 yang besarnya disebutkan sejumlah Rp. 972. 604,80 per bulan (pasal 1) dan diberlakukan juga bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari 1 tahun (pasal 4) sehingga pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari UMP yang sudah ditetapkan (pasal 2).
Korelasinya adalah PKWT tidak boleh berdiri sendiri karena ada kerangkanya, salah satunya adalah UU jadi apa yang ditetapkan oleh UU melalui peraturan pelaksananya wajib diikuti PKWT tersebut.

Untuk karyawan Outsource yang belum habis masa kontraknya dan akan dipindah tugaskan dari satu project ke project lainnya tentu saja tidak ada masalah apabila hal ini diatur dalam PKWT atau tercantum dalam Peraturan Perusahaan Outsource tersebut, sebaiknya karyawan kontrak sebelum menandatangani suatu kesepakatan kerja ataupun PKWT sudah mengetahui isi dari perjanjian terutama menyangkut hak dan kewajibannya, apabila didalam kontrak kerja disebutkan klausul mengenai “…tunduk pada Peraturan Perusahaan…”, maka sudah menjadi kewajiban perusahaan memberikan Peraturan Perusahaan untuk diketahui calon karyawan tersebut. Lain halnya apabila sudah habis jangka waktu kontraknya maka segala kebijakan ataupun perintah kerja harus berdasarkan kesepakatan baru lagi.
Dalam PKWT tidak mengatur mengenai pemutihan, pembaruan ataupun pelamaran ulang mungkin dalam hal ini adalah pembaruan status karyawan yang telah melewati batas waktu kontrak. Kembali lagi ke kata sepakat jika karyawan keberatan dengan proses yang ditawarkan perusahaan maka karyawan boleh menolaknya tetapi bila karyawan setuju maka pembaruan kontrak dapat berjalan sesuai kesepakatan. Hak2 yang akan diperoleh karyawan PKWT hanyalah hak yang dicantumkan dalam kontrak kerja.

Anda dapat mengirimkan pertanyaan seputar permasalahan Hukum Outsourcing dan Hukum Ketenagakerjaan,Industrial Relation dan permasalahan Hukum terhangat di Dunia SDM.

Kirim Pertanyaan ke Indra Susetyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: