Cara memperoleh pekerjaan impian saya?

konsultasi-rubrik-karir-2.jpg 

Pertanyaan : 

Saya adalah salah satu lulusan terbaik Universitas terkemuka di Jakarta jurusan Akuntansi. Saya telah melamar ke berbagai Perusahaan, terutama di industri perbankan atau PMA, karena saya merasa memiliki potensi yang besar dan ingin berkarir di bidang Finance atau Accounting di Perusahaan besar. Tapi sampai sekarang saya belum memperoleh pekerjaan impian saya, padahal saya sudah lulus dari sejak 8 bulan yang lalu! Sebenarnya saya pernah diterima di salah satu Perusahaan distributor alat kesehatan, tapi akhirnya saya tolak karena sepertinya saya tidak akan bisa berkembang di Perusahaan tersebut. Kira-kira apa yang harus saya lakukan supaya saya bisa memperoleh pekerjaan impian saya?

-Budi-Jakarta

Jawaban :

 Dear Budi,Biasanya memang idealisme seorang fresh graduate adalah ingin langsung berkarir di Perusahaan besar, seperti BUMN atau PMA. Kalau kita melihat JOBFAIR yang marak diselenggarakan di Jakarta, salah satu stand paling ramai dikunjungi pelamar biasanya adalah dari industri perbankan atau Perusahaan dengan nama besar. Namun yang perlu diperhatikan adalah, kalau Anda melamar ke Perusahaan tsb, Anda juga harus siap bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya. Apalagi dengan latar belakang Anda jurusan Akuntansi, setiap Universitas bisa menghasilkan ribuan lulusan Sarjana Ekonomi setiap tahunnya.  Perusahaan akan sangat selektif dalam merekrut pegawai, dan mereka tidak hanya terpaku misalnya pada universitas dan nilai akademis pelamar, tapi juga kesesuaian profil kandidat dengan jabatan yang dilamar, budaya Perusahaan, dll. Akan lebih baik jika saat ini Anda tentukan dulu target riil Anda. Apakah Anda ingin mencari pengalaman dulu atau langsung karir? Kalau Anda menjawab karir, apakah dengan seorang fresh graduate Anda yakin bisa langsung memiliki “karir”? Anda akan mendapatkan karir yang Anda inginkan kalau Anda sudah memiliki banyak pengalaman. Oleh karena itu menurut saya hal yang paling penting sekarang adalah mencari pengalaman sebanyak mungkin, karena untuk meniti karir, pengalaman adalah hal yang paling dinilai oleh Perusahaan. Jangan terlalu terfokus pada nama besar Perusahaan yang akan Anda lamar, tapi yang terpenting adalah Anda memiliki pengalaman dulu di bidang yang ingin geluti. Semoga sukses! 

One Response to Cara memperoleh pekerjaan impian saya?

  1. ady berkata:

    Saat ini sebenarnya saya(28 tahun) sudah kerja permanen di suatu perusahaan manufacture oil&gas.sebagai salah satu staf managerial,, karena alasan pengen menambah income karena kebutuhan, saya ingin mencoba kerja outsourcing terutama untuk penempatan di oil company, karena melihat dari rekan2 saya yang kerja outsourcing di perusahaan oil company.trus pertanyaan saya :

    1.apakah keputusan saya ini relevant dengan kondisi saya sekarang yang sudah kerja permanen?
    2. apa saran yang bagus buat saya tuk mencari perusahaan outsourcing yang sesuai dengan keinginan saya, karena sampai saat ini saya kesulitan mencari perusahaan yang tepat?

    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

