PT Aneka Tambang Tbk. segera melaksanakan pengadaan barang dan jasa secara ONLINE melalui sistem eSCM

Wednesday, 14-11-2007 06:26:54
PT Aneka Tambang Tbk. segera melaksanakan pengadaan barang dan jasa secara ONLINE melalui sistem eSCM
Pada hari Senin, 12 November 2007, ANTAM mencanangkan dimulainya inisiatif strategis yang mereka namakan eSCM (electronic supply chain management). Bapak Ir. Alwin Syah Loebis, MM. direktur operasi ANTAM meresmikan dimulainya proyek implementasi eSCM yang diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu 7 (tujuh) bulan, sehingga ANTAM akan segera menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa secara ONLINE / eProcurement di awal semester II tahun 2008.

Dalam sambutannya, direktur operasi ANTAM memaparkan upaya yang sudah dilakukan ANTAM sejak tahun 2005 saat mereka mengadopsi manajemen rantai pasokan yang dikenal dengan SCM, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem pengadaan, pengelolaan kontrak, pengelolaan mitra kerja, dan pengelolaan material. Sistem eSCM yang dibangun ini merupakan lanjutan program penerapan SCM di ANTAM yang ditujukan untuk mensukseskan program CRP (Cost Reduction Program)dalam rangka pencapaian visi ANTAM menjadi the lowest cost mining producer.

Acara Kick Off Meeting proyek implementasi eSCM dihadiri pula oleh Direktur Utama ANTAM, Bapak Ir. Dedi Aditya Sumanagara dan Direktur Keuangan ANTAM, Bapak Kurniadi Atmosasmito, SE. MM. Dalam sambutannya Direktur Keuangan ANTAM menegaskan peran penting SCM di ANTAM mengingat lebih dari 60% biaya operasional perusahaan adalah biaya bahan dan jasa yang dipasok oleh pihak ketiga. Sehingga kinerja ANTAM sangat dipengaruhi oleh kinerja pihak ketiga. Beliau memberikan pesan penting dalam sambutannya agar semua pihak di ANTAM terlibat aktif dalam mensukseskan proyek ini. Memang esensi dari eSCM adalah solusi teknologi informasi, tetapi faktor penentu suksesnya ditentukan oleh manusianya. Juga ditegaskan bahwa SCM itu mencakup proses bisnis yang melibatkan semua pihak di korporasi dari pengadaan, operasi, keuangan, IT, legal bahkan internal audit.

ANTAM dalam implementasi eSCM ini bekerjasama dengan ADW Consulting yang sudah memiliki solusi dan pengalaman dalam pengelolaan rantai pasokan (SCM) dan project management (PM). Bapak Alwin Syah Loebis mengharapkan dengan bantuan konsultan yang kompeten ANTAM dapat mensukseskan implementasi eSCM ini tepat waktu di seluruh lokasi unit bisnis ANTAM dan dapat segera merealisasikan manfaat dari sistem ini.

Solusi eSCM yang akan digunakan di ANTAM merupakan solusi terintegrasi berbasis teknologi informasi. Cakupan solusi tidak hanya di sisi pengadaan barang dan jasa tetapi juga pengelolaan kinerja kontrak pengadaan, pengelolaan kinerja mitra kerja (Vendor), serta pengelolaan konten komoditas barang dan jasa untuk menghasilkan SOURCING PROGRAM yang efektif dan efisien. Implementasi ini nantinya akan melibatkan lebih dari 300 vendor domestik dan internasional yang selama ini aktif menjadi mitra kerja ANTAM.

Implementasi eSCM di ANTAM ini juga mendukung perusahaan dalam peningkatan Good Corporate Governance (GCG) dan peningkatan score Malcom Baldrigde National Quality Award (MBNQA).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: