Tata Cara Perijinan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh

Landasan hukum :Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep. 101/Men/VI/2004 tentang Tata Cara Perijinan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh

Pasal 2

(1)

Untuk dapat menjadi perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh perusahaan wajib memiliki ijin operasional dari instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan di kabupaten/kota sesuai domisili perusahaan penyedia jasa pekerja/ buruh.

Untuk mendapatkan ijinoperasional perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh perusahaan menyampaikan permohonan dengan melampirkan:

a.

copy pengesahan sebagai badab hukum berbentuk Perseorangan Terbatas atau Koperasi;

(3)

Instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus sudah menerbitkan ijin operasional terhadap permohonan yang telah memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dalam waktu paling lama 30m (tiga puluh) hari kerja sejak permohonan diterima.

Kepmenakertrans ini sebagai pelaksanaan Pasal 66 ayat (3) Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang perlunya diatur mengenai tata cara perijinan perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh;

http://outsourcingonline.wordpress.com/2007/06/21/tata-cara-perijinan-perusahaan-penyedia-jasa-pekerjaburuh/

About these ads

8 Balasan ke Tata Cara Perijinan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh

  1. Donald Karel Lotulung mengatakan:

    Bagi saya apapun bentuk nama bagi status tenaga kerja kontrak, itu bukan masalah. Justru yang harus jadi masalah adalah ketika Perusahaan tidak memperhatikan atau mengabaikan ketetapan2 dalam UU Tenaga Kerja maupun KEPMEN Pendukung TK mengenai HAK2 TK. Karena istilah Outsourcing bagi TK. adalah permaian keuntungan bagi Perusahaan demi mengurangi budget/cost dengan tetap memeras tenaganya Tenaga Kerja. My Number HP : 081334012867 / 085244574486.
    Kalau ada yang mau bertanya solusinya seperti apa untuk keuntungan kedua belah pihak antara Perusahaan dan TK. silahkan hubungi saya di e-mail : dofidayora@yahoo.com

  2. rahmat siregar mengatakan:

    saya setuju dengan pendapat bpk,saya berniat membuka perusahaan outshourching dgn rekan saya,kira2 bisa dibantu solusi mencvari keuntungan kedua belah pihak yg bpk maksudkan.terima kasih sebelumnya.

    rahmat siregar

  3. Henny mengatakan:

    sy sependapat dengan bpk. sy juga ingin membuat sebuah perusahaan Outshourching, walaupun sy ingin mendapatkan keuntungan tapi sy juga tidak ingin mengabaikan pihak TK. sy mohon solusi dari bpk agar kerjasama kami saling menguntungkan. terima kasih untuk infonya.

  4. PT. Citra Wahana Nusantara (Rahwana) mengatakan:

    Outsourcing adalah solusi bagi pengentasan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Outsourcing jangan dijadikan sebagai peluang kerja tetap tapi bisa dijadikan sebagai batu loncatan atau media mencari pengalaman kerja terutama bagi fresh graduate. Banyak perusahaan yang menerima karyawan apabila sudah memiliki pengalaman kerja atau pernah bekerja sebelumnya. Nah, jika bekerja melalui outsourcing, sudah pasti, semua tenaga kerja akan diberikan pelatihan sebelum ditempatkan. Apabila tenaga kerja tersebut bekerja dengan baik, maka perusahaan pengguna pasti akan merekrutnya untuk beralih dari tenaga kerja outsourcing menjadi karyawan internal. Outsourcing menjadi media pemagangan sebelum menjadi karyawan tetap. Jadi, saya mohon kepada semua pihak, jangan terlalu menyudutkan outsourcing. Yang harus dilakukan oleh pemerintah terkait, yaitu melakukan audit kepada seluruh perusahaan outsourcing dan mencabut ijinnya apabila melakukan pelanggaran terhadap hak-hak tenaga kerja (Pemotongan upah yang tidak jelas peruntukkannya).
    Maju terus outsourcing indonesia….

  5. Tuangku labai labuah mengatakan:

    hai manusia manusia yang sok pintar…..kalau memang mereka bekerja ya sudah .emang nya kamu-kamu orang bisa mempekerjakan mereka ? jangan terlalu banyak kalian menuntut.apakah perusahaan yang ada di republik ini harus gulung tikar ? dan bisakah kalian mempekerjakan mereka kembali ?

  6. Capt. Teddy mengatakan:

    Pt. Jasamarine Mandiri

    Saya ingin bertanya – apakah TK, meliputi kelautan seperti Seamen – yang kami tau TK, hanya menagani pekerja buruh, ataupun orang yang di kirim ke negara lain untuk di pekerjakan sebagai pembantu, kami di bidang expidisi kelautan yang memperkerjakan pel;aut di kapal, apakah ada perijinan dari tenaga kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: